UDiNus Repository

Memperkuat Posisi Butik Felucy Di Pasaran Dengan Perancangan Ulang Identitas Visual

RIYARNI, FAJARWATY NUR (2016) Memperkuat Posisi Butik Felucy Di Pasaran Dengan Perancangan Ulang Identitas Visual. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Identitas visual merupakan cerminan sebuah produk dalam membedakan produk tersebut dengan produk pesaingnya. Perancangan suatu identitas visual bertujuan untuk meningkatkan citra merek dan memperkuat posisi dipasaran sehingga dapat menjadi media promosi tunggal. FELUCY adalah sebuah merek pakaian di Semarang, merek pakaian ini masih satu tahun berjalan. Namun, sejak perusahaan ini berjalan terdapat masalah pada identitas visual yang digunakan. Salah satu penyebabnya adalah tidak ada konsistensi identitas visual dari merek ini, terlebih lagi Identitas visual yang saat ini dimiliki belum dapat merepresentasikan karakter dari merek FELUCY. Nampaknya hal ini terjadi karena pemilik perusahaan belum mengerti pentingnya peran identitas visual yang konsisten dalam hubungannya dengan peningkatan minat beli konsumen dan menumbuhkan loyalitas bagi pelanggannya. Ini dapat menjadi kendala untuk mengembangkan perusahaan. Dengan permasalahan yang ada, maka di perlukan perancangan identitas visual butik dan merek pakaian FELUCY. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, eksplorasi dokumentasi, survey informan melalui kuisioner, dan kajian literatur. Hasil dari penelitian ini adalah variabel-variabel data berupa permasalahan internal dan eksternal tentang identitas visual FELUCY. Data dan analisis yang dihasilkan membantu dalam perancangan identitas visual FELUCY untuk memperkuat posisi di pasaran. Hasil dari perancangan identitas visual adalah perancangan ulang logo sebagai identitas visual dan aplikasinya pada beberapa hal pokok produk FELUCY seperti Label Pakaian, Papan Dinding (Interior Signage), Neon Box, Stationary atau perlengkapan kantor, Kemasan Pakaian, Price Tag atau gantungan harga, dan media pendukung lainnya.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:21
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:21
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18864

    Actions (login required)

    View Item