UDiNus Repository

ANALISIS ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOUR BERDASARKAN GRAY LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIX UNTUK KLASIFIKASI AKTIVITAS PERMAINAN SEPAK BOLA

ROY, G. ALEXANDER (2016) ANALISIS ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOUR BERDASARKAN GRAY LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIX UNTUK KLASIFIKASI AKTIVITAS PERMAINAN SEPAK BOLA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Sepak bola adalah olahraga yang sangat populer saat ini di dunia. Sepak bola bisa dimainkan oleh semua umur, mulai dari anak - anak hingga dewasa baik pria maupun wanita. Pada sebuah pertandingan sepak bola seorang pemain harus mampu menguasai beberapa teknik untuk menunjang keterampilannya dalam bermain. Dengan teknologi yang semakin mendukung, berbagai teknik itu juga dapat dengan mudah untuk dipelajari oleh pemain maupun masyarakat awam dan dengan penelitian ini diharapkan dapat mempermudah pemain ataupun masyarakat awam untuk mempelajari setiap teknik dalam permainan sepak bola tersebut. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik menendang bola, teknik menggiring bola dan teknik menyundul bola. Setiap teknik mempunyai citra tertentu dan didalam penelitian ini setiap citra akan dikelompokan sesuai dengan klasifikasi teknik yang ada. Dalam penelitian ini metode ekstraksi fitur yang digunakan adalah gray level co-occurrence dan metode klasifikasi menggunakan algoritma k-nearest neighbor. Hasil klasifikasi k-nearest neighbor berdasarkan dari hasil ekstraksi fitur gray level co-occurrence setiap citra teknik. Penelitian menggunakan 120 data citra dengan rincian 90 data citra merupakan data training (latih) dan 30 data citra sebagai data testing (uji). Penelitian juga menggunakan aplikasi matlab. Dari klasifikasi k-nearest neighbor penelitian menghasilkan akurasi sebesar 53,33%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:21
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:21
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18871

    Actions (login required)

    View Item