UDiNus Repository

PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKRUTMEN PEGAWAI BARU PADA CV. KONSUIL PANGKALAN BUN MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING

HARDI, ZULHIDAYAT (2016) PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKRUTMEN PEGAWAI BARU PADA CV. KONSUIL PANGKALAN BUN MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    CV. Konsuil merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang keselamatan dan keamanan dari bahaya yang ditimbulkan oleh listrik. Pada saat ini sistem perekrutan pegawai pada CV. Konsuil hanya berdasarkan test dan kecocokan saat wawancara saja, atau bahkan rekomendasi dari teman atau hubungan keluarga dari orang yang sudah menjadi karyawan di CV.Konsuil. Ketika sudah diterima banyak karyawan yang kurang memiliki kemampuan yang memadai untuk melakukan tanggung jawab pekerjaannya. Jika perekrutan seperti ini berjalan terus menerus tentu saja dapat menghambat kemajuan dari CV.Konsuil itu sendiri. Dari permasalahan yang ada pada bagian sumber daya manusia dalam melakukan rekrutmen pegawai baru yang masih belum memiliki standar tersebut, saya merancang sebuah perangkat lunak yang dapat membantu bagian sumber daya manusia dalam mengambil keputusan proses rekrutmen. Metode yang digunakan dalam proses penghitungan ini menggunakan metode profile matching, metode ini merupakan proses membandingkan antara kompetensi individu kedalam kompetensi jabatan sehingga dapat diketahui perbedaan kompetensinya (disebut juga gap), semakin kecil gap yang dihasilkan maka bobot nilainya semakin besar yang berarti memiliki peluang lebih besar untuk karyawan menempati posisi tersebut. Variable yang akan digunakan dalam penilaian ini diantaranya yaitu karakter, test tertulis, wawancara, ketrampilan, dan spikotest. Perancangan yang ada meliputi pendataan calon pegawai baru, pendataan lamaran, pendataan penghitungan. Luaran yang dirancang yaitu daftar calon pegawai baru, daftar lamaran, dan laporan penghitungan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:21
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:21
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18872

    Actions (login required)

    View Item