WAHYU, INDRAJAYA DHARMAWAN (2016) PERANCANGAN PROMOSI HARIAN SUARA MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI SOLO. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Harian Suara Merdeka saat ini berusia 66 tahun, berkantor pusat di Semarang memiliki jangkauan sirkulasi hingga seluruh Jawa Tengah. Memiliki 6 edisi komunitas (daerah) yaitu Semarang Metro, Suara Banyumas, Suara Pantura, Suara Kedu, Suara Muria dan Solo Metro (untuk wilayah eks-karesidenan Surakarta). Daerah yang disebut terakhir (Solo) mengalami stagnasi penjualan dan kecenderungan mengalami penurunan tiap tahun. Dilihat dari fakta masalah tersebut dari sini diperlukan solusi bagaimana merancang promosi yang baik untuk meningkatkan penjualan Suara Merdeka di Solo. Dalam perancangan ini menggunakan metode pengumpulan data, yang terdiri dari metode observasi, wawancara, kepustakaan, dokumentasi dan internet. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan metode kualitatif. Dalam menganalisis atau pengolahan data menggunakan matriks swot. Pembuatan promosi dengan mengangkat citra positif Suara Merdeka untuk mengeliminasi kompetitor. Pendekatan gaya menggunakan citra rasional, dengan memvisualisasikan tagline Perekat Komunitas Jawa Tengah dengan teknik visualisasi gambar ilustrasi kehangatan membaca bersama keluarga. Pada Perancangan ini media utama adalah billboard, kemudian media pendukung adalah poster, x banner, brosur, kaus, spanduk, stiker. Perancangan ini dapat memberi informasi dan mengingatkan kembali secara baik sehingga dapat menarik konsumen untuk memilih Suara Merdeka sebagai bacaan utama di Solo.
Actions (login required)