UDiNus Repository

SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA GANGGUAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN PADI BESERTA PENANGGULANGANNYA DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR

SANTI, PURWANINGRUM (2016) SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA GANGGUAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN PADI BESERTA PENANGGULANGANNYA DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3744b) | Preview

    Abstract

    Kendala petani dalam mengetahui jenis hama dan penyakit tanaman padi tidaklah asing lagi, maka di perluka sebuah sistem pakar untuk membantu masalah tersebut. Sistem pakar ini merupakan sistem yang dapat membantu para petani untuk mendiagnosa hama dan penyakit tanaman padi beserta penanggulangannya berdasarkan gejala-gejala yang terjadi pada tanaman padi. Metode sistem pakar yang digunakan adalah metode certaity factor yang akan diaplikasikan kedalam bentuk WEB. Dalam aplikasi sistem ini terdapat fasilitas untuk user dapat mendiagnosa hama dan penyakit tanaman padi dengan cara menginputkan gejala-gejala tanaman padi yang kasat mata. Pada menu sistem pakar ini user dapat menginputkan gejala-gejala tanaman padi yang telah dialami petani. Dan akan mendapatkan informasi tentang jenis hama dan tanaman padi beserta penanggulangnnya. User juga dapat melihat hasil dan perhituangan certainty factor, dapat mengetahui informasi artikel yang berkaitan dengan padi, hama dan penyakit tanaman padi. Sistem pakar untuk mendiagnosa hama dan penyakitanaman padi beserta penanggulangannya dengan metode certainty factor ini, diharapkan dapat mempermudah para petani untuk mengetahui janis hama dan penyakit tanaman padi.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:21
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:21
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18898

    Actions (login required)

    View Item