UDiNus Repository

PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGKLASIFIKASI JURUSAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER PADA SMA NEGERI 1 BATANG

DINI, PRAMYATI FARIDA (2016) PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGKLASIFIKASI JURUSAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER PADA SMA NEGERI 1 BATANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3739b) | Preview

    Abstract

    Penjurusan siswa yang dilakukan pada Sekolah Menengah Atas dilakukan sejak peserta didik mendaftarkan dirinya ke SMA/MA dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan kompetensi sikap, kopetensi keterampilan peserta didik sesuai dengan kemampuan akademik dalam sekelompok mata pelajaran keilmuan. Namun dalam melakukan penjurusan siswa di SMA Negeri 1 Batang masih mengalami kesulitan karena penjurusan masih dilakukan dengan cara manual. Untuk menganalisis jurusan SMA maka digunakan data mining dengan teknik klasifikasi. Metode yang digunakan yaitu naïve bayes classifier, dan desain penelitian dengan menggunakan CRISP-DM. Data penelitian adalah data siswa SMA Negeri 1 Batang tahun 2014 yang dievaluasi menggunakan confusion matrix dan divalidasi dengan teknik x validation. Hasil akurasi yang didapatkan setelah data penelitian dikonversi yaitu 95,57 % yang termasuk dalam rentang akurasi excellent classification.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:21
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:21
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18899

    Actions (login required)

    View Item