UDiNus Repository

Menumbuhkan Kesadaran Anak Mengenai Pentingnya Membuang Sampah Pada Tempat Sampah Melalui Perancangan Game "CleanMaCity"

AYU, SARI KARTIKA (2016) Menumbuhkan Kesadaran Anak Mengenai Pentingnya Membuang Sampah Pada Tempat Sampah Melalui Perancangan Game "CleanMaCity". Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Sampah merupakan permasalahan kompleks bagi semua negara, salah satunya Indonesia. Kurangnya kesadaran masayarakat untuk mengurangi volume sampah dan membuang sampah pada tempatnya telah memperburuk keadaan sehingga menyebabkan banjir dan sarang kuman dimana-mana. Iklan, slogan dan tulisan larangan membuang sampah sembarangan telah banyak terpampang di jalanan namun hasilnya kurang efektif, masyarakat belum memiliki kesadaran mengenai pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Kebiasaan ini terbentuk semanjak dari kanak-kanak. Kebiasaan-kebiasaan dan persepsi yang kuat ketika kecil akan terbawa hingga dewasa. Maka dari itu pengajaran terhadap pentingnya membuang sampah harus dibudidayakan sedini mungkin. Salah satu media yang efektif untuk mengembangkan kesadaran pada anak adalah melalui game. Wawancara, observasi, dan kajian pustaka merupakan metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi dalam perancangan game ini. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah 5W+1H. Hasil akhir dari perancangan ini berupa game edukatif sebagai sarana untuk menumbuhkan kesadaran pada anak untuk membuang sampah pada tempatnya. Game merupakan salah satu bentuk media interaktif yang disukai oleh anak- anak. Aplikasi game ini akan berfokus pada pengenalan macam-macam objek sampah baik organik maupun anorgaik serta mengajarkan membuang sampah pada tempatnya. Perancangan sebuah media yang menarik dan atraktif adalah sebuah solusi yang dapat meningkatkan kesadaran anak untuk menjaga kebersihan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:21
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:21
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18937

    Actions (login required)

    View Item