ANDY, ASIANTO YUNANDA (2016) Sistem Pendukung Keputusan Ekspansi Daerah Pemasaran Baru pada Trenz Accesories Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Salah satu metode dalam sistem pendukung keputusan adalah metode Simple Additive Weighting (SAW). Simple Additive Weighting Method (SAW) sering juga dikenal dengan metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar metode SAW, adalah mencari penjumlah anter bobot dari rating kinerja pada setiap alternative dari semua atribut, metode SAW membutuhkan proses normalisasi matrik keputusan kesuatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada (Kusumadewi, 2006). Untuk meningkatkan penjualan, Trenz Accesories berkeinginan untuk lebih meluaskan daerah pemasarannya, karena semakin besar pasar maka akan semakin besar pula penjualan yang diperoleh. Untuk menentukan pengembangan pasarbaru atau ekspansi pasar mestinya tidak didasarkan hanya pada jumlah masyarakat yang ada. Karena untuk ekspansi pasar baru perlu adanya kriteria-kriteria yang biasa dijadikan rujukan mengenai lokasi mana yang sesuai, kriteria yang mungkin dibutuhkan antara lain jumlah penduduk, tingkat pendapatan masyarakat, jumlah sekolah maksimal SD, jumlah perumahan, dan jumlah kompetitor. Dengan itu maka akan diolah sehingga sistem pendukung keputusan ini akan memberikan solusi terbaik dengan memilih daerah pemasaran baru yang lebih prospektif, sehingga diharapkan daerah pemasaran baru tersebut nantinya dapat meningkatkan jumlah penjualan yang ujungnya dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.
Actions (login required)