UDiNus Repository

PERANCANGAN GAME EDUKASI UNTUK MEMPERKENALKAN SATWA LANGKA KEPADA ANAK USIA 6-12 TAHUN

AGUNG, BUDI TRI (2016) PERANCANGAN GAME EDUKASI UNTUK MEMPERKENALKAN SATWA LANGKA KEPADA ANAK USIA 6-12 TAHUN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Indonesia adalah negara kepulauan. Baik kepulauan besar maupun kepulauan kecil juga terdiri dari berbagai satwa, namun ada satwa-satwa tertentu yang hampir punah. Hal tersebut selain disebabkan tergusurnya kondisi alam, juga adanya perburuan yang tidak terkontrol serta pengawasan pemerintah yang kurang. Di sisi lain, satwa merupakan salah satu kekayaan alam yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dan sudah sepatutnya jika keberadaannya perlu dijaga dan dilestarikan. Saat ini banyak satwa yang keberadaannya terancam punah, oleh sebab itu perlu pemahaman pada anak terhadap berbagai jenis satwa langka tersebut. Dalam proses pembelajaran, media pembelajaran untuk memperkenalkan satwa langka masih terbatas pada buku-buku atau literatur, itupun jumlahnya masih sangat terbatas sehingga perlu ada media yang sesuai dan diperkirakan lebih mudah bagi anak untuk memahami berbagai jenis satwa langka tersebut. Berdasarkan pemikiran tersebut, perlu ada sebuah rancangan atau model berupa game. Game ini dirancang sebagai media pembelajaran yang diberi nama: “Pantherun”. Game ini dirancang untuk menarik minat anak dalam mengenal lebih jauh tentang satwa langka, karena dalam game ini, anak selain bermain juga sekaligus belajar. Dalam game ber-genre 2D endless running ini, disisipi informasi-informasi penting tentang satwa langka Indonesia sehingga anak-anak tidak asing dengan satwa-satwa langka yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:22
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:22
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18981

    Actions (login required)

    View Item