UDiNus Repository

IMPLEMENTASI ALGORITMA VIGENERE , CAESAR, DAN AFFINE CIPHER PADA DATABASE SISTEM INVENTORI TOKO WIWIN ELEKTRONIK GROBOGAN

DIAH, PUSPITANINGRUM AYU (2016) IMPLEMENTASI ALGORITMA VIGENERE , CAESAR, DAN AFFINE CIPHER PADA DATABASE SISTEM INVENTORI TOKO WIWIN ELEKTRONIK GROBOGAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3835b) | Preview

    Abstract

    Database dalam sebuah toko berisi data-data pelanggan, harga dan hutang. Toko elektronik memiliki harga barang yang cukup tinggi, sehingga jumlah hutang yang diterima oleh sebuah toko elektronik cenderung lebih besar daripada toko kebutuhan lain. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengamankan isi database dari orang yang tidak berhak untuk melihat dan mengubah isinya. Dengan menggunakan tiga macam algoritma enkripsi yang di terapkan pada sistem inventori di Toko Elektronik “Wiwin Elektronik” yaitu Vigenere cipher, Caesar cipher dan Affine cipher ini sistem database yang ada dalam toko elektronik “Wiwin Elektronik” menjadi lebih aman. Dengan gabungan ketiga algoritma enkripsi tersebut, pertahanan keamanan dalam database tersebut akan menjadi jauh lebih ketat. Untuk mendekripsi cipher vigenere membutuhkan satu buah kunci, pada Caesar cipher akan membutuhkan dua kunci, dan pada affine cipher membutuhkan satu kunci. Jadi terdapat 4 kunci dalam database tersebut. Untuk memecahkan kunci tersebut akan lebih sulit dibandingkan dengan satu algoritma atau dua algoritma saja.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:22
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:22
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19001

    Actions (login required)

    View Item