UDiNus Repository

Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Siswa-Siswi Berprestasi dari Keluarga Miskin dengan Metode AHP di SMA Negeri 14 Semarang

SITI, FATIMAH (2016) Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Siswa-Siswi Berprestasi dari Keluarga Miskin dengan Metode AHP di SMA Negeri 14 Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Fungsi teknologi informasi adalah untuk mempermudah aktivitas manusia dalam upayanya memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan sebuah permasalahan. Pada tujuan yang sama teknologi komputer juga memberikan dukungan dalam hal penentuan keputusan, memberikan informasi, serta memberikan bantuan kepakaran pada semua bidang kehidupan. Pada hal pendukung keputusan, teknologi informasi akan membentuk memberikan alternatif keputusan muara akhirnya tetap ditangan pihak pengambil keputusan. Dalam kaitannya dengan pengambilan keputusan, masalah pemilihan siswa berprestasi memerlukan kajian yang lebih. Pada pemilihan siswa berprestasi yang sudah dilakukan oleh bagian kesiswaan SMA NEGERI 14 SEMARANG. Metode analisis data untuk teknik pembobotan dan pengambilan keputusan yang dipergunakan dalam tugas akhir ini adalah metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Metode AHP digunakan karena metode ini dapat memecahkan masalah yang kompleks dimana kriteria yang diambil cukup banyak dalam memilih perguruan tinggi. Derajat kepentingan pengguna dilakukan dengan pendekatan perbandingan berpasangan (Pairwise Comparisons). Hasil perangkingan akan dijadikan sebagai referensi pengambilan keputusan. Untuk membantu memberikan alternatif pada permasalahan diatas maka diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang akan membantu menentukan siswa yang termasuk dalam siswa berprestasi yang berasal dari keluarga miskin. Sistem pendukung keputusan akan menghimpun data-data hasil inputan dari siswa untuk selanjutnya disimpan dalam database untuk pengolahan data siswa yang bakal menerima predikat siswa berprestasi. Dengan adanya sistem pendukung keputusan juga akan mempermudah untuk melakukan proses perhitungan dengan metode AHP.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:23
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:23
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19047

    Actions (login required)

    View Item