UDiNus Repository

ANALISIS PERHITUNGAN OPTIMALISASI PRODUKSI BOX SPEAKER DENGAN METODE ECONOMIC PRODUCTION QUANTITY (EPQ) PADA UD. AROFAH ELEKTRONIK KUDUS (PROFOTEX)

MUHAMMAD, AUFA NOOR (2016) ANALISIS PERHITUNGAN OPTIMALISASI PRODUKSI BOX SPEAKER DENGAN METODE ECONOMIC PRODUCTION QUANTITY (EPQ) PADA UD. AROFAH ELEKTRONIK KUDUS (PROFOTEX). Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    UD. Arofah Elektronik Kudus merupakan salah satu perusahaan elektronik yang memproduksi Speaker dan Box Speaker. Dimana pemasarannya sudah meluas sampai ke pulau jawa, sumatra dan sebagai supplier dibeberapa perusahaan di pulau jawa. Permasalahan yang dihadapi perusahaan ini yaitu dalam melakukan proses produksi secara kontinyu perusahaan belum dapat melakukan perencanaan dan pengendalian produksinya pada satu mesin yang dimiliki. Maka dari itu, penelitian ini menganalisa solusi yang tepat bagi perusahaan yaitu menganalisa pola data historis permintaan setiap item untuk dilakukan peramalan sebagai acuan perencanaan produksi dan melakukan pengendalian produksi optimal menggunakan metode Economic Production Quantity (EPQ). Dari hasil penelitian, metode peramalan yang tepat untuk Box Speaker 6 inch, Box Speaker 8 inch dan Box Speaker 10 inch adalah Winters’ Method, dan untuk Box Speaker 12 inch adalah Quadratic. Dan hasil dari perhitungan dengan metode EPQ menggunakan data hasil peramalan setiap metode produk yaitu didapatkan bahwa jumlah siklus optimal produksi sebanyak 8 siklus produksi, dimana 1 siklus produksi selama 36 hari, dan pembagian pergantian produksi setiap item dalam 1 siklus produksi yaitu produksi box speaker 6 inch = 9 hari harus memproduksi sebanyak 5971 box, produksi box speaker 8 inch = 10 hari harus memproduksi sebanyak 5649 box, produksi box speaker 10 inch = 9 hari harus memproduksi sebanyak 3872 box, dan produksi box speaker 12 inch = 5 hari harus memproduksi sebanyak 2113 box. Dari perhitungan menggunakan metode EPQ terjadi penghematan biaya produksi dan otomatis meningkatkan laba perusahaan sebesar 11% atau sebesar Rp. 3.070.519.227, sehingga metode perusahaan tidak optimal dalam produksi nya dan dapat menerapkan metode EPQ ini.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:21
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:21
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19049

    Actions (login required)

    View Item