UDiNus Repository

RANCANG BANGUN ALAT BANTU MEJA UKIR MARMER ATAU GRANIT DENGAN METODE OVAKO WORKING POSTURE ANALYSIS SYSTEM (OWAS) UNTUK MENGURANGI RESIKO MUSCULOSKELETAL

ANDY, ANGGA DWY (2016) RANCANG BANGUN ALAT BANTU MEJA UKIR MARMER ATAU GRANIT DENGAN METODE OVAKO WORKING POSTURE ANALYSIS SYSTEM (OWAS) UNTUK MENGURANGI RESIKO MUSCULOSKELETAL. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    UMKM Lamindar merupakan usaha pengukiran marmer dan granit. Proses pembuatan batu nisan pertahap dengan keadaan tempat kerja yang kurang ergonomis, menyebabkan terjadinya postur kerja yang berbahaya, sehingga mengakibatkan keluhan musculuskeletal pada pekerja. Dari hasil kuesoner nordic Musculoskeletal Questionaire yang disebarkan kepada 30 orang pembuat batu nisan pada bagian pengeboran batu nisan, selama 7 hari terakhir keluhan merasakan sakit pada leher 70%, kedua bahu 73,33%, Punggung 70%, kedua siku 36,67%, Pinggang 83,33%, kedua telapak dan pergelangan tangan 13,33%, paha 60%,lutut 56,67 dan kaki 53,33%. Pada penelitian ini dilakukan penilaian postur kerja dengan metode Ovako Working Posture analysis system (OWAS). Dari hasil dari software WinOWAS dari hasil penelitian dengan metode OWAS didapat 40% postur kerja masuk kategori 2, 20% masuk kategori 3 dan 40% masuk dalam kategori 4. Maka prioritas perbaikan dilakukan pada postur kategori 3 dan 4 untuk dilakukan perbaikan fasilitas kerja karena dapat menimbulkan resiko keluhan muskuloskeletal bagi pekerja. Dari hasil perbaikan duduk dan berdiri didapat bahwa 100% aktifitas termasuk kategori 1.dibuatlah simulasi manikin dan fasilitas kerja meja ukir menggunakan catia, dari simulasi catia dibuatlah fasilitas kerja sesungguhnya sesuai dengan simulasi manikin.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:21
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:21
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19050

    Actions (login required)

    View Item