UDiNus Repository

EVALUASI PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI TPPRJ RSUD BENDAN KOTA PEKALONGAN TAHUN 2016

DWI, ARDIYANTI YOSSI (2016) EVALUASI PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI TPPRJ RSUD BENDAN KOTA PEKALONGAN TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (321Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (21Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF
        Download (153Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF
          Download (196Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF
            Download (235Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF
              Download (199Kb) | Preview
                [img]
                Preview
                PDF
                Download (119Kb) | Preview
                  [img]
                  Preview
                  PDF
                  Download (213Kb) | Preview
                    [img]
                    Preview
                    PDF
                    Download (234Kb) | Preview
                      [img]
                      Preview
                      PDF
                      Download (229Kb) | Preview
                        [img]
                        Preview
                        PDF
                        Download (91Kb) | Preview
                          [img]
                          Preview
                          PDF
                          Download (89Kb) | Preview

                            Abstract

                            Pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan berperan penting dalam pelaksanaan pendaftaran di bagian TPPRJ. Berdasarkan survei awal pada bulan Maret 2016 di TPPRJ, selama 2 hari didapatkan rata-rata waktu pelayanan DRM di TPPRJ sebanyak 10 pasien lama adalah 11.45 menit. Tujuan penelitian yaitu melakukan evaluasi pelayanan pendaftaran pasien di TPPRJ. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan metode observasi dan wawancara menggunakan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah kepala rekam medis, 3 petugas TPPRJ. Objek penelitian adalah pasien dengan jumlah sampel 98 pasien. Analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian didapatkan karakteristik petugas TPPRJ, paling tinggi berusia yaitu 36 tahun dan usia paling rendah yaitu 23 tahun. Pendidikan terakhir responden yaitu D3 komputer, S1 Psikologi, dan SMA. Kedua responden mengikuti pelatihan pelayanan prima sedangkan responden lainnya mengikuti pelatihan ISQ. Lama kerja responden paling lama yaitu 6 tahun dan paling sedikit yaitu 3 tahun. Tugas pokok dan fungsi pelayanan pendaftaran sudah sesuai dengan teori. Terdapat standar operasional prosedur rawat jalan. Waktu penyediaan dokumen rawat jalan rata-rata 11.45 menit, maka belum sesuai dengan standar operasional prosedur. Sarana di TPPRJ yaitu komputer, alat tulis, tracer, formulir rawat jalan, KIB. Berdasarkan aspek kepatuhan petugas terhadap prosedur pelayanan pendaftaran rawat jalan, ada beberapa prosedur yang tidak dilakukan yaitu memberikan informasi tentang ruang periksa, memberikan kartu berobat ulang. Oleh karena itu disarankan perlu diadakan pelatihan mengenai pelaksanaan standar operasional prosedur pendaftaran rawat jalan dan evaluasi dari kepala unit rekam medis terhadap pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan agar mutu pelayanan menjadi lebih baik. Kata kunci : TPPRJ, Evaluasi , Standar Operasional Prosedur

                            Item Type: Article
                            Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
                            Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
                            Divisions: Fakultas Kesehatan
                            Depositing User: Psi Udinus
                            Date Deposited: 22 Sep 2016 14:24
                            Last Modified: 22 Sep 2016 14:24
                            URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19150

                            Actions (login required)

                            View Item