UDiNus Repository

Analisis Pengendalian Internal Atas Pemberian Kredit (Pembiayaan) Pada Koperasi Jasa Keuangan Syari'ah Bina Muamalat Cabang Ambarawa

VIVI, TRIRATNASARI (2016) Analisis Pengendalian Internal Atas Pemberian Kredit (Pembiayaan) Pada Koperasi Jasa Keuangan Syari'ah Bina Muamalat Cabang Ambarawa. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kredit merupakan sumber pendapatan terbesar sebuah koperasi dan merupakan kegiatan yang memiliki nilai aset terbesar dibandingkan dengan kegiatan operasional koperasi yang lain, sehingga pengawasan pada bidang perkreditan menjadi suatu hal yang sangat penting dan mendapatkan perhatian yang lebih, hal ini dikarenakan kredit bermasalah khususnya kredit macet akan menjadi sebuah ancaman jika pihak koperasi tidak segera mengambil langkah penyelesaiannya. Dalam pemberian kredit diperlukan pengendalian internal yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk apakah pengendalian internal yang diterapkan KJKS Bina Muamalat sudah efektif dan presedur pemberian kredit (pembiayaan) yang diterapkan sudah sesuai dengan pengendalian yang ada didalam KJKS Bina Muamalat. Objek yang digunakan adalah KJKS Bina Muamalat cabang Ambarawa , yang beralamat di Jl. Dr. Cipto 1B Kupang Tengah Ambarawa Kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam penelitian ini adalah survei tempat observasi, wawancara, dan melakukan observasi atau pengamatan langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam penelitian ini menunjukan bahwa pengendalian internal atas pemberian kredit (pembiayaan) pada KJKS bina Muamlat Cabang Ambarawa sudah cukup efektif. Tetapi masih ada kelemahannya dimana bagi CS seharusnya langsung menanyakan tujuan dari pembiayaan, penolokan pemberian kredit (pembiayaan) dilakukan setelah survei, karyawan baru seharusnya diberikan latihan secara berkala, dan pengelola memberikan informasi melalui brosur atau formulir baru.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:26
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:26
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19219

    Actions (login required)

    View Item