UDiNus Repository

Analisis Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Financial Indicators dan Firm Size terhadap Financial Distress pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode Tahun 2010-2014

LUKITA, WIDYASTUTI (2016) Analisis Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Financial Indicators dan Firm Size terhadap Financial Distress pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode Tahun 2010-2014. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3751b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme corporate governance, indikator keuangan, dan ukuran perusahaan terhadap kesulitan keuangan. Mekanisme corporate governance dalam penelitian ini terdiri dari kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, dan kompetensi komite audit, sedangkan indikator keuangan terdiri dari likuiditas dan leverage. Penelitian ini menggunakan 325 sampel perusahaan yang terdiri dari 152 perusahaan yang mengalami financial distress dan 173 perusahaan non financial distress yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Financial distress dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan model Z-Score Altman (1968). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel likuiditas dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap financial distress, variabel leverage berpengaruh positif signifikan terhadap financial distress, sedangkan penelitian ini tidak berhasil membuktikan adanya pengaruh variabel kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen dan kompetensi komite audit terhadap financial distress.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:26
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:26
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19234

    Actions (login required)

    View Item