UDiNus Repository

Pengaruh Laba Bersih, Harga Saham, Profitabilitas, Leverage serta Arus Kas Operasi Terhadap Dividen Tunai pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2014

SYAIFUL, ANWAR (2016) Pengaruh Laba Bersih, Harga Saham, Profitabilitas, Leverage serta Arus Kas Operasi Terhadap Dividen Tunai pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2014. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3702b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah variabel independen : laba bersih, harga saham, profitabilitas, leverage, serta arus kas operasi berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu dividen tunai. Dividen merupakan salah satu daya tarik bagi investor untuk menanamkan modal mereka pada perusahaan. Pada umumnya para investor menginginkan perusahaan untuk membagikan dividen secara tunai karena dianggap dapat mengurangi risiko ketidakpastian dalam aktivitas investasi. Dalam penelitian ini, objek yang menjadi sumber penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2010-2014, yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu dengan metode pengumpulan sampelnya adalah metode purposive sampling. Jumlah observasi adalah 100 data observasi. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh dari laporan kuangan serta ICMD (Indonesian Capital Market Directory) pada perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laba bersih serta arus kas operasi berpengaruh terhadap dividen tunai, sedangkan harga saham, profitabilitas, serta leverage tidak berpengaruh terhadap dividen tunai.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:26
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:26
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19287

    Actions (login required)

    View Item