UDiNus Repository

Perancangan Game Interaktif untuk Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak Hiperaktif

NOOR, FITRIYANI (2016) Perancangan Game Interaktif untuk Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak Hiperaktif. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) atau hiperaktif adalah kondisi yang mempengaruhi kemampuan anak untuk berkonsentrasi. Beberapa gejala Adhd antara lain anak mengalami gangguan tingkah laku impulsive, agresif dan termasuk gangguan pasca ensefalitis, dimana keadaan tersebut dikenal sebagai hyperkinetic dengan gejala yang menonjol yaitu hiperaktif, gelisah, tidak dapat diam, berlari dan memanjat berlebihan dan banyak bicara. Salah satu penanganan Adhd yaitu dengan terapi. Melalui terapi secara bertahap dan terus menerus dapat meningkatkan konsentrasi pada anak. Terapi yang sering digunakan untuk menangani anak Adhd hiperaktif adalah terapi visual, karena mereka lebih mudah mengingat dan belajar menggunakan gambar atau tulisan yang berwarna dan tidak membosankan. Namun belum adanya alat yang sesuai dengan permasalahan tersebut. Dibutuhkan sebuah alat bantu visual dan audio yang dapat menunjang efektifitas terapi visual. Wawancara, observasi, dan kajian pustaka merupakan metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh segala informasi perancangan game ini. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah 5W+1H. Hasil akhir perancangan ini berupa game interaktif sebagai alat bantu untuk meningkatkan konsentrasi pada anak Adhd. Game merupakan salah satu minat dan disukai anak-anak . Aplikasi game terapi ini tidak ditujukan untuk menjadi media utama dalam terapi visual, dalam pelatihannya tetap diperlukan media lain. Game ini hanya sebagai pendukung dan pelengkap.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:27
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19349

    Actions (login required)

    View Item