UDiNus Repository

PERANCANGAN ULANG KEMASAN OBAT SENDI REGULAR PT. INDUSTRI JAMU BOROBUDUR SEMARANG BERSTANDAR PERLINDUNGAN MEREK SEBAGAI UPAYA MENCEGAH PEMALSUAN OBAT.

FRANSISCA, PRAHASTUTI (2016) PERANCANGAN ULANG KEMASAN OBAT SENDI REGULAR PT. INDUSTRI JAMU BOROBUDUR SEMARANG BERSTANDAR PERLINDUNGAN MEREK SEBAGAI UPAYA MENCEGAH PEMALSUAN OBAT. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Industri pengemasan telah merambah pula ke produk farmasi seperti industri jamu dan obat herbal. Obat herbal merupakan sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara alami dengan uji praklinik dan bahan bakunya telah distandarisasi. Merek dengan kemasan merupakan suatu kesatuan karakter yang tidak terpisahkan atau melekat sebagai unsur pembeda. Tujuan dari pemakaian merek adalah untuk memantapkan pertanggungjawaban pihak produsen atas mutu barang yang diperdagangkan, juga untuk mengawasi batas-batas teritorial perdagangan suatu jenis barang. Adanya persaingan antar produsen obat herbal dapat menimbulkan masalah peniruan, pembajakan, bahkan pemalsuan produk di atas merek resmi yang berdampak pada kepercayaan konsumen. PT. Industri Jamu Borobudur merupakan perusahaan industri jamu dan obat herbal yang hasil produksinya telah beredar di Indonesia dan telah diekspor ke beberapa negara. Namun, kemasan obat yang digunakan masih berupa standar warna khusus sebagai pembeda dan upaya untuk melindungi merek. Sebagai upaya pencegahan dari pemalsuan produk, diperlukan adanya suatu terobosan merancang ulang desain kemasan berstandar perlindungan merek yang efektif dan edukatif sehingga konsumen, penjual dan produsen dapat mengenali keaslian produk obat herbal. Dengan demikian, metode penelitian yang tepat digunakan pada perancangan ini adalah SWOT dengan meneliti kelebihan dan kelemahan kemasan produk, serta perilaku konsumen dalam membedakan produk yang dibeli. Analisa yang diperoleh dari metode SWOT yaitu mendesain ulang kemasan dengan merancang fitur pengaman sehingga produk sulit dipalsukan dengan tetap memegang prinsip terbuka dan rahasia. Maka dalam perancangan ini, perlindungan merek pada kemasan obat dapat menjadi hal yang penting untuk menjadi bagian penjaminan keaslian dari produk yang dipasarkan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:27
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19352

    Actions (login required)

    View Item