UDiNus Repository

Klasifikasi Jenis Telur Menggunakan Metode Content Based Image Retrieval Berdasarkan Karakteristik Warna Citra Digital Bertipe RGB

FRANKY, YUDHA LUCKY (2016) Klasifikasi Jenis Telur Menggunakan Metode Content Based Image Retrieval Berdasarkan Karakteristik Warna Citra Digital Bertipe RGB. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4064b) | Preview

    Abstract

    Klasifikasi jenis telur secara otomatis akan memberikan kemudahan saat penyeleksian dan pemindahan telur tepat waktu, yang akan membawa keuntungan bagi peternakan seperti efesiensi tempat. Jenis telur dapat dibedakan dari corak warnanya, pengenalan warna dalam telur dapat diselesaikan dengan menerapkan metode Content Based Image Retrieval berbasis Color Histogram dengan Canberra Distance dan Preccision and recall untuk mendapatkan tingkat akurasi. Content Based Image Retrieval merupakan teknik pencarian gambar menggunakan kemiripan karakteristik dari sekumpulan gambar yang dapat digunakan untuk menentukan klasifikasi jenis telur. Dengan meletakkan telur dekat sumber cahaya dengan latar belakang putih dalam ruangan telur difoto dengan kamera kualitas tinggi. Dari citra yang dihasilkan kamera selanjutnya data diolah menggunakan metode Content Based Image Retrieval (CBIR) dengan melakukan ekstraksi fitur. Untuk mendapatkan kemiripan dari citra acuan dan citra uji digunakan teknik pengukuran jarak antara dua citra (Canberra Distance). Canberra Distance merupakan teknik pengukuran jarak dengan menghitung kesamaan antara dua vector dengan cara membagi absolute selisih 2 nilai dengan jumlah dari absolute 2 nilai tersebut. Dengan teknik dan metode yang telah ditentukan untuk menentukan klasifikasi jenis telur mendapatkan akurasi 79% untuk citra uji baru.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:27
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19361

    Actions (login required)

    View Item