UDiNus Repository

Rancang Bangun Sistem Informasi Penjadwalan Iklan Dengan Algoritma Genetika Steady State pada Stasiun Radio Muria Kudus berbasis website

REKA, ROHMAN FATHUR (2016) Rancang Bangun Sistem Informasi Penjadwalan Iklan Dengan Algoritma Genetika Steady State pada Stasiun Radio Muria Kudus berbasis website. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Iklan merupakan suatu bentuk komunikasi massa melalui berbagai media massa yang dibayar oleh perusahaan-perusahaan bisnis, organisasi non profit dan individu-individu yang teridentifikasi dalam pesan periklanan dengan maksud memberi informasi atau mempengaruhi pemirsa dan golongan tertentu bentuknya dapat berupa tulisan, gambar, film, ataupun gabungan dari keseluruhan unsur tersebut. Salah satu media masa audio yang terdapat di daerah sebagai sarana informasi yaitu radio yang banyak diminati sebagai media sarana promosi dan hiburan Sebagai sumber utama pendapatan dari bisnis radio berasal dari penyiaran iklan produk atau jasa di radio tersebut. Dalam pembuatan jadwal iklan yang masih menggunakan cara tulis tangan atau manual. Hal ini berpengaruh terhadap jadwal yang dibuat, contohnya adalah tabrakan jadwal, waktu pembuatan yang cukup lama, dan data tidak tersimpan dengan baik. Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan mengatasi masalah tabrakan jadwal yang sering terjadi dalam pembuatan jadwal iklan dengan menerapkan metode algoritma genetika steady state ke dalam program penjadwalan. Algoritma genetika merupakan sistem logika matematika yang dipadukan dengan sistem genetika biologi, yang nantinya menghasilkan suatu proses seleksi dengan aturan-aturan yang telah ditentukan. Metode algoritma genetika ”steady state” adalah metode yang cara kerjanya menggunakan teori Darwin, yaitu individu yang dapat bertahan terhadap ketentuan alam maka individu tersebut yang akan hidup.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:28
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:28
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19379

    Actions (login required)

    View Item