UDiNus Repository

PENENTUAN TATA LETAK KELOMPOK PEDAGANG PASAR TRADISIONAL BERDASARKAN POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

DADANG, SUFYAN ADE (2016) PENENTUAN TATA LETAK KELOMPOK PEDAGANG PASAR TRADISIONAL BERDASARKAN POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3961b) | Preview

    Abstract

    Pasar tradisional terdapat masalah atau kekurangan yang membuat pengunjung kurang nyaman seperti letak pedagang yang kurang tertata sehingga karena tata letak yang kurang baik pembeli harus mengelilingi pasar dan terkadang ada barang dagangan yang kurang laku tidak terbeli. Pasar tradisional perlu adanya penataan kembali terkait dengan pembenahan dari masalah-masalah yang ada agar pasar tersebut dapat lebih layak dan nyaman untuk di kunjungi, maka peneliti ingin melakukan suatu pendekatan dengan Market Basket Analysis untuk memprediksi aktifitas orang di pasar, dengan Algoritma Apriori. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan metode Market Basket Analysis menggunakan algoritma apriori untuk membantu mengatur tata letak pedagang di pasar tradisional. Berdasarkan hasil penelitian penerapan algoritma apriori pada teknik data mining sangat efisien dan dapat mempercepat proses pembentukan kecenderungan pola kombinasi itemset transaksi di pasar tradisional, yaitu support dan confidence tertinggi adalah kebutuhan pokok dan sayur dengan keakuratan 77,55%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:28
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:28
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19412

    Actions (login required)

    View Item