UDiNus Repository

Implementasi Algoritma Vigenere dan Advanced Encryption Standard (AES) dalam Pengamanan Data File Berekstensi .Doc dan .Docx

ZULFA, NURSIHHAH SHUFIYANA (2016) Implementasi Algoritma Vigenere dan Advanced Encryption Standard (AES) dalam Pengamanan Data File Berekstensi .Doc dan .Docx. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4021b) | Preview

    Abstract

    Penyimpanan data menjadi sesuatu yang penting pada perusahaan, institusi maupun instansi khususnya yang memiliki sifat dinamis, karena adanya sifat dinamis mudah terjadi proses mutasi dan rotasi pegawai. Pada proses ini memiliki salah satu kekurangan yaitu pada pengamanan data dalam sistem komputer yang digunakan multi-user. Hal ini dapat menimbulkan kesempatan untuk pegawai dalam mengakses data penting yang disimpan pada file berekstensi .doc dan .docx pada sebuah komputer yang bukan haknya. Untuk itu dalam mengamankan file tersebut dibutuhkan pemanfaatan kriptografi menggunaan algoritma Vigenere dan Advanced Encryption Standard (AES) dengan kunci 128 bit dalam melakukan enkripsi dan dekripsi data. Pemilihan kedua algoritma tersebut karena Vigenere merupakan algoritma sederhana yang memiliki jumlah kunci apabila digunakan semakin banyak, maka semakin kuat dan AES merupakan algoritma yang memiliki keunggulan dalam keamanan, kecepatan, dan karakteristik. Dari implementasi kedua algoritma tersebut, didapatkan hasil pengujian terhadap 15 file berekstensi .doc dan .docx berhasil dienkripsi dan didekripsi, dengan nilai akurasi sebesar 100% dan tingkat keamanan file yang dienkripsi cukup aman dan kuat, karena tahan terhadap serangan brute force. Namun, diperlukan pengembangan dalam pengamanan file yang tidak hanya file berekstensi .doc, dan .docx.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:28
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:28
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19413

    Actions (login required)

    View Item