UDiNus Repository

ANALISIS TATA KELOLA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KABUPATEN TEGAL MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (MEA01)

MUTIARA, SUSMITA (2016) ANALISIS TATA KELOLA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KABUPATEN TEGAL MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (MEA01). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Rumah sakit merupakan salah satu instansi pelayanan publik. Dalam pelayanan kepada masyarakat diperlukan tata kelola Teknologi Informasi yang baik untuk membantu proses bisnis yang efektif dan efisien. RSI PKU Muhammadiyah Kabupaten Tegal telah menggunakan Sistem Informasi pada kegiatan pelayanan publik. Pemanfaatan sistem informasi masih belum optimal dan terdapat penumpukan database pada pendaftaran pasien. Dari informasi tersebut, diperlukan sistem tata kelola yang berstandar baik untuk mengawasi, mengevaluasi, dan penilaian kinerja. Salah satu tools pada tata kelola TI adalah COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology). COBIT yang digunakan adalah COBIT 5. Penelitian ini menggunakan domain MEA01 Pengawasan, Evaluasi, dan Penilaian kesesuaian kinerja sistem informasi (Monitor, Evaluate, and Assess). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kapabilitas dan kondisi tata kelola TI serta memberikan strategi perbaikan untuk mencapai tingkat kapabilitas yang lebih baik. Dari hasil penelitian, tingkat kapabilitas SIMRS Singkil saat ini adalah 2 Managed dengan status Largely Achieved sebesar 74,79% atau setara dengan 2,74 dimana pengkomunikasian pengelolaan data belum sepenuhnya dikelola dengan baik. Dan untuk mencapai level kapabilitas 3, RSI PKU Muhammadiyah Kabupaten Tegal dapat melakukan strategi perbaikan yang dilakukan secara bertahap dari proses atribut level 1 sampai 3.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:28
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:28
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19425

    Actions (login required)

    View Item