UDiNus Repository

PENGEMBANGAN SISTEM REKOMENDASI REFERENSI TUGAS AKHIR(TA) DENGAN METODE HYBRID UNTUK MENINGKATKAN RELEVANSI PENCARIAN REFERENSI

NIE, SUSANTO RIDWAN (2016) PENGEMBANGAN SISTEM REKOMENDASI REFERENSI TUGAS AKHIR(TA) DENGAN METODE HYBRID UNTUK MENINGKATKAN RELEVANSI PENCARIAN REFERENSI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3926b) | Preview

    Abstract

    TA merupakan dokumen yang merepresentasikan riset penulis dan penemuan dan diajukan untuk mendukung pencalonan gelarnya atau kualifikasi profesional. Salah satu proses dalam persiapan pembuatan TA adalah studi literatur/literature review. Salah satu kesulitan mahasiswa dalam tahapan ini adalah menemukan referensi yang relevan dengan topik TA yang sedang dilakukannya. Sistem rekomendasi merupakan sistem yang dapat membantu membuat pilihan tanpa pengalaman pribadi mengenai alternatif untuk menyarankan produk kepada pelanggan atau memberikan pelanggan informasi untuk membantu memilih produk. Metode hybrid merupakan metode yang menggabungkan beberapa metode lainnya, metode ini dapat digunakan dalam sistem rekomendasi agar hasil rekomendasi lebih akurat daripada menggunakan satu metode saja. Pada penelitian ini, penulis menerapkan sistem rekomendasi untuk pencarian referensi TA dengan menggunakan metode weighted hybrid yang menggabungkan collaborative filtering dan content-based filtering. Dengan adanya sistem rekomendasi referensi TA dihasilkan rekomendasi referensi yang relevan dengan topik mahasiswa.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:28
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:28
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19435

    Actions (login required)

    View Item