UDiNus Repository

IMPLEMENTASI ALGORITMA DECISION TREE (ID3) UNTUK PENENTUAN MODEL STATUS GIZI ANAK BALITA (STUDI KASUS PUSKESMAS PONCOL KOTA SEMARANG)

ANDY, KRISTIANTO (2016) IMPLEMENTASI ALGORITMA DECISION TREE (ID3) UNTUK PENENTUAN MODEL STATUS GIZI ANAK BALITA (STUDI KASUS PUSKESMAS PONCOL KOTA SEMARANG). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Puskesmas merupakan instansi kesehatan yang memiliki tanggung jawab akan pelayanan kesehatan pada suatu wilayah diantaranya adalah upaya kesehatan bayi dan balita. Dalam menjalankan tugas operasionalnya sebagai instansi kesehatan, puskesmas memiliki rekap data kesehatan yang terus bertambah setiap tahunnya. Data tersebut seringkali belum dianalisis lebih lanjut khususnya data status gizi pada anak balita. Selain itu, masih adanya balita yang termasuk dalam status gizi tidak baik di kota Semarang menandakan perlunya analisis dan perhatian lebih terhadap gizi balita. Pada penelitian ini penulis mengimplementasikan metode algoritma Decision Tree (algoritma ID3) untuk mengetahui pola status gizi balita dengan studi kasus pada Puskesmas Poncol kota Semarang. Algoritma ID3 dipilih karena memiliki kelebihan yaitu memiliki akurasi yang tinggi, relatif cepat dalam proses, dapat otomatis melakukan seleksi atribut, mudah digunakan dan mudah dipahami. Indikator yang digunakan dalam analisis penelitian status gizi anak balita ini yaitu Berat Badan menurut Umur (BB/U), Tinggi Badan menurut Umur (TB/U), Berat Badan menurut Tinggi Badan (BB/TB), serta identitas balita seperti wilayah dan umur (U). Hasil model pohon keputusan dan rule pola data status gizi balita diinformasikan kepada puskesmas terkait dimana selanjutnya dapat digunakan untuk bahan penyuluhan, perbaikan, atau pemantauan terhadap gizi balita.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:28
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:28
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19438

    Actions (login required)

    View Item