UDiNus Repository

IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS UNTUK PENGELOMPOKKAN PENYAKIT PASIEN (STUDI KASUS : PUSKESMAS KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN)

DENADA, PUTRI LADYTA (2016) IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS UNTUK PENGELOMPOKKAN PENYAKIT PASIEN (STUDI KASUS : PUSKESMAS KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kondisi kesehatan masyarakat di daerah Pekalongan yang tidak tetap dan salalu berubah – ubah ini sangat meyulitkan Tim Dinas Kesehatan dalam memonitoring dan memberi pembinaan pada masyarakat tersebut, banyak variabel yang mempengaruhi tingkat kesehatan disuatu masyarakat diantaranya adalah variabel ekonomi, epidemiologi dan pendidikan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan penyakit pasien berdasarkan penyakit di suatu daerah tertentu pada Puskesmas Kajen Kabupaten Pekalongan sebanyak 1000 data pasien menggunakan metode K-Means dengan inputan variabel umur, kode penyakit dan lama mengidap penyakit dari data pasien. Penyakit ini merupakan penyakit yang sebagian besar mendiami atau menyerang suatu daerah tertentu dengan korban atau penderita terbanyak di daerah tersebut. hasil dari penelitian ini juga dapat dimanfaatkan sebagai dasar acuan untuk penyuluhan kesehatan didaerah setempat. Dari hasil pengujian sistem menggunakan data sebanyak 1000 data menghasilkan tiga kluster yaitu cluster C1 (Kecamatan Bojong) pada daerah ini penyakit yang banyak diderita oleh pasien adalah jenis penyakit Commond Cold, cluster C2 (Kecamatan Karanganyar) pada daerah ini penyakit yang banyak diderita oleh pasien adalah penyakit Gangguan perkembangan dan erupsi gigi, dan pada cluster C3 (Kecamatan Kajen) pada daerah ini penyakit yang banyak diderita oleh pasien adalah penyakit Pneumonia. Hasil dari uji sistem menggunakan 20% data yang di peroleh dari tempat penelitian menghasilkan akurasi sebesar 62%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:29
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:29
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19474

    Actions (login required)

    View Item