UDiNus Repository

PENGUKURAN TINGKAT KAPABILITAS SISTEM INFORMASI PELAPORAN TERPADU (SIPT) PADA BBPOM KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5

FADHILLA, SARDI RAHMAN (2016) PENGUKURAN TINGKAT KAPABILITAS SISTEM INFORMASI PELAPORAN TERPADU (SIPT) PADA BBPOM KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kebutuhan informasi yang semakin meningkat menjadi dasar dalam penggunaan TI (Teknologi Informasi). Penggunaan TI membantu manusia untuk menghasilkan suatu informasi dengan cepat dan akurat. Dasar dalam pendukung atau pengambilan sebuah keputusan adalah informasi, dan yang menjadi alat dalam pengambilan keputusan tersebut adalah pemanfaatan TI karena TI tidak hanya sekedar menjadi pemproses penghitungan. Pada penelitian ini, Balai Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM) Semarang mempunyai sebuah Sistem Informasi Pelaporan terpadu (SIPT) yang berfungsi untuk mengolah data pengujian produk menjadi sebuah pelaporan untuk dilaporkan ke BPOM Pusat. Terdapat permasalahan pada proses pengolahan data SIPT sehingga informasi yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dari permasalahan tersebut, maka akan dilakukan analisa berdasarkan domain Monitor, Evaluate, and Assess (MEA01) yang berbasis pada COBIT 5 dengan mengumpulkan informasi pendukung melalui studi dokumen, wawancara, dan kuesioner. Proses selanjutnya akan diolah untuk mengetahui hasil penelitian yang diperoleh dari analisis tingkat kapabilitas dan analisis kesenjangan. Setelah dilakukan analisa tingkat kapabilitas maka diperoleh hasil sebesar 73,72% atau sebanding dengan 2,73 dengan status Largerly Achieved dimana dalam proses pengolahan data SIPT belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Untuk mencapai level kapabilitas 3, maka BPOM Semarang dapat melakukan strategi perbaikan yang dilakukan secara bertahap dari proses atribut level 2 sampai 3.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:29
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:29
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19488

    Actions (login required)

    View Item