UDiNus Repository

SISTEM TWO-FACTOR AUTHENTICATION DENGAN ALGORITMA TIME-BASED ONE-TIME PASSWORD PADA APLIKASI WEB MENGGUNAKAN PERANGKAT ANDROID

TESAR, WIJAYA ARDAN (2016) SISTEM TWO-FACTOR AUTHENTICATION DENGAN ALGORITMA TIME-BASED ONE-TIME PASSWORD PADA APLIKASI WEB MENGGUNAKAN PERANGKAT ANDROID. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Keamanan adalah perhatian utama pada era digital. Banyak aplikasi berbasis web berkembang di dunia perbankan, pemerintahan, institusi pendidikan dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut pada umumnya menggunakan kombinasi username dan password dalam proses otentikasi pengguna. Pelaku kejahatan sering kali memanfaatkan kelalaian pengguna sehingga informasi username dan password sangat rentan terhadap tindakan pencurian data melalui serangan phising. Serangan ini menggunakan pesan email palsu yang dikirim dari sumber yang seolah-olah terpercaya. Two-factor authentication (2FA) adalah sistem otentikasi yang membutuhkan 2 faktor untuk melakukan otentikasi pengguna. One-time password (OTP) adalah kata sandi yang valid dan bisa digunakan hanya untuk satu kali sesi login atau transaksi saja pada komputer atau alat digital lainnya. Sistem two-factor authentication dapat dibangun dengan menggunakan kombinasi username dan password serta divalidasikan kepemilikannya dengan password dinamis one-time password. Salah satu metode untuk membangkitkan one-time password adalah Time-based One Time Password (TOTP), metode ini membangkitkan sebuah password dinamis yang berubah mengikuti suatu jeda waktu tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana sebuah perangkat mobile android dapat digunakan sebagai pembangkit atau generator One-time password yang dapat digunakan dalam sistem two-factor authentication.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:29
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:29
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19490

    Actions (login required)

    View Item