UDiNus Repository

ANALISIS TINGKAT KAPABILITAS SELF ASSESSMENT (APO07) PADA SISTEM BURSA KERJA ONLINE MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DI DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN PROVINSI JAWA TENGAH

DEVI, KARTIKASARI (2016) ANALISIS TINGKAT KAPABILITAS SELF ASSESSMENT (APO07) PADA SISTEM BURSA KERJA ONLINE MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DI DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN PROVINSI JAWA TENGAH. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Dinas Tenaga Kerja,Transmigrasi dan Kependudukan Jateng merupakan instansi pemerintahan setingkat provinsi yang mengatur segala jenis urusan mengenai transmigrasi, catatan kependudukan serta ketenagakerjaan. Dalam manajemen pengelolaan sumber daya manusia Dinas Tenaga Kerja,Transmigrasi dan Kependudukan Jateng telah memanfaatkan teknologi informasi. Untuk mengetahui apakah pengelolaan sumber daya manusia terkait sistem bursa kerja online sesuai yang diharapkan, maka perlu dilakukan analisis tata kelola teknologi informasi berfokus pada proses pengelolaan sumber daya manusia yaitu domain APO07 pada framework COBIT 5. Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui tingkat kapabilitas serta stratgei perbaikan yang dapat digunakan pada Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Jateng untuk dapat digunakan sebagai referensi dalam meningkatkan pengelolaan sumber daya manusia terkait TI agar lebih baik. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumen, kuesioner dan wawancara kemudian dianalisis tingkat kapabilitas dan kesenjangan berdasarkan dengan COBIT 5. Hasil dari penelitian ini, tingkat kapabilitas tata kelola TI dengan pengelolaan sumber daya manusia (APO07) pada DinasTenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Jateng saat ini berada dalam level 0 (Incompleted) dimana performa dalam pengelolaan sumber daya manusia serta pengkomunikasiannya masih belum dikelola dengan baik. Untuk dapat mencapai tingkat kapabilitas pada level 1, maka dapat dilakukan secara bertahap strategi perbaikan dari proses atribut level 0 sampai 1.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:29
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:29
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19511

    Actions (login required)

    View Item