UDiNus Repository

Penerapan Informasi Retrival menggunakan Metode TF-IDF (Term Frequency–Inversed Document Frequency) pada Perpustakaan Daerah Kudus

WINANDA, PUTRA EKA (2016) Penerapan Informasi Retrival menggunakan Metode TF-IDF (Term Frequency–Inversed Document Frequency) pada Perpustakaan Daerah Kudus. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3660b) | Preview

    Abstract

    Pencarian buku pada aplikasi di setiap perpustakaan harus dapat mencakup kebutuhan perpustakaan tersebut, dengan kemudahan melakukan pencarian buku maka akan menambah kenyamanan pengunjung dalam mencari buku yang diinginkan. Perpustakaan Daerah Kudus adalah sebuah perpustakaan yang berorientasi pada peningkatan minat dan budaya baca masyarakat maka mutlak diperlukan partisipasi dari semua pihak untuk mewujudkan misi tersebut. Sistem yang akan dibuat pada penelitian ini adalah aplikasi yang menggunakan algoritma IR (Information Retrieval) dengan metode TF-IDF (Term Frequency–Inversed Document Frequency) dari model IR (information retrieval) sebagai pengukur tingkat similaritas antara dokumen dengan keyword yang didapat dari ekstraksi teks pada dokumen. Hasil akhir dari penelitian ini adalah telah berhasil dibuatnya sebuah website tentang pencarian buku dan penerapan Informasi Retrival atau sistem temu kembali informasi pencarian buku pada Perpustakaan Daerah Kudus menggunakan algoritma TF-IDF disertakan dengan hasil nilai bobot dari tiap buku yang ditemukan.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:29
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:29
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19534

    Actions (login required)

    View Item