UDiNus Repository

Data Mining Klasifikasi Untuk Memprediksi Lama Waktu Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5 Pada Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

MUHAMMAD, FARUQ (2016) Data Mining Klasifikasi Untuk Memprediksi Lama Waktu Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5 Pada Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas adalah berdasarkan lama studi mahasiswa dalam mencapai kelulusan. Tingkat kelulusan sebuah perguruan tinggi dianggap sebagai parameter yang efektif sebagai tolok ukur kualitas yang dimiliki. Karena dalam hal ini dapat mempengaruhi penurunan akreditasi yang dimilikinya. Berdasarkan data diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa rata-rata kelulusan mahasiswa UIN Walisongo Semarang melebihi standar (4 tahun) maka dibutuhkan sebuah analisa tentang lama studi mahasiswa agar dapat dengan mudah me-monitoring dan mengevaluasi terhadap peserta didik yang dapat lulus tepat waktu atau tidak guna mengambil kebijakan-kebijakan yang dapat diterapkan agar menambah angka tingkat kelulusan mahasiswa setiap tahunya. Berdasarkan penjelasan diatas, Dibutuhkan sebuah sistem untuk penentuan lama studi mahasiswa agar lebih mudah untuk mendapatkan data mahasiswa yang dapat lulus tepat waktu dan tidak dapat lulus tepat waktu dengan menggunakan algoritma C4.5. Dari hasil analisa yang ada tingkat akurasi yang tertinggi diperoleh menggunakan tingkat ratio data training 0,3%, dengan nilai akurasi sebesar 80,37%. Artinya nilai prediksi terhadap data asli nilai kebenarannya sekitar 80,37%. Dari dataset sebanyak 546 record, dihasilkan nilai persentase mahasiswa yang lulus tepat waktu sekitar 18,84%, sehingga dihasilkan sekitar 103 orang yang lulus tepat waktu.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:30
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:30
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19579

    Actions (login required)

    View Item