UDiNus Repository

KOMPARASI ALGORITMA PEMODELAN STATUS NILAI GIZI BALITA ANTARA NAIVE BAYES DAN DECISION TREE (ID3) (STUDI KASUS PUSKESMAS PANDANARAN KOTA SEMARANG)

PANGHEGAR, MUHAMMAD HABIBIE (2016) KOMPARASI ALGORITMA PEMODELAN STATUS NILAI GIZI BALITA ANTARA NAIVE BAYES DAN DECISION TREE (ID3) (STUDI KASUS PUSKESMAS PANDANARAN KOTA SEMARANG). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3849b) | Preview

    Abstract

    Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama memiliki peranan penting dalam sistem kesehatan nasional, khususnya subsistem upaya kesehatan. Naive bayes merupakan teknik prediksi berbasis probabilitas sederhana yang berdasar pada penerapan aturan bayes dengan asumsi ketidaktergantungan yang kuat. Selain itu naive bayes juga dapat menganalisa variabel-variabel yang paling mempengaruhinya dalam bentuk peluang. Sedangkan Algoritma ID3 memiliki akurasi yang tinggi, relatif cepat dalam proses, dapat otomatis melakukan seleksi atribut, mudah digunakan dan mudah dipahami, serta dapat menangani atribut kosong (missing value). Tujuan dari penentuan status nilai gizi dengan model pohon keputusan dari data status gizi balita ini adalah menghasilkan rule yang dapat digunakan untuk mengetahui atribut apa saja yang paling dominan terhadap status gizi balita kurang ideal

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:30
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:30
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19580

    Actions (login required)

    View Item