UDiNus Repository

ANALISIS KLASIFIKASI TINGKAT KEMATANGAN BUAH MANGGA MANALAGI MENGGUNAKAN CBIR (CONTENT BASED IMAGE RETRIEVAL) BEDASARKAN WARNA

GREGORY, RUDY DIMAS (2016) ANALISIS KLASIFIKASI TINGKAT KEMATANGAN BUAH MANGGA MANALAGI MENGGUNAKAN CBIR (CONTENT BASED IMAGE RETRIEVAL) BEDASARKAN WARNA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3681b) | Preview

    Abstract

    Pemilihan jenis buah mangga manalagi berdasarkan tingkat kematangan dan ciri-ciri sangatlah mudah dilakukan oleh kasat mata, tetapi tidak mudah dilakukan oleh komputer. Persepsi manusia biasanya cenderung subyektif terhadap suatu objek, hal ini dikarenakan adanya faktor komposisi warna yang dimiliki oleh objek tersebut. Oleh karena itu, diperlukan sistem untuk melakukan pemilihan buah mangga manalagi berdasarkan tingkat kematangan yang dilakukan secara otomatis dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kematangan buah mangga manalagi menggunakan CBIR (Content Based Image Retrieval) dan Histogram Equalization serta menggunakan penghitungan jarak Euclidean Distance. Pada penelitian yang dilakukan memiliki tiga modul utama yaitu prapengolahan, pemrosesan, dan klasifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah sistem yang dapat menentukan tingkat kematangan buah mangga manalagi dengan tingkat akurasi sebesar 84%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:30
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:30
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19593

    Actions (login required)

    View Item