UDiNus Repository

IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK MENDETEKSI PENYAKIT TUBERKULOSIS (STUDI KASUS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KAYEN KABUPATEN PATI)

HADI, SUPONCO (2016) IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK MENDETEKSI PENYAKIT TUBERKULOSIS (STUDI KASUS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KAYEN KABUPATEN PATI). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kesadaran masyarakat tentang kesehatan paru - paru yang masih sangat rendah berimbas pada banyak terjadi masalah kesehatan terutama pada bagian organ paru yang menjadikan sering terjadinya penyakit pernafasan. Dari beberapa kasus penyakit paru - paru yang pernah terjadi diantaranya adalah infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis, dalam dunia medis disebut tuberkulosis (TB). Sebagian besar kuman tuberkulosis menyerang bagian paru, gejala yang timbul akan berlangsung lama apabila tidak segera mendapat pengobatan secara tepat. Sehingga bisa mempunyai kemungkinan menyebar untuk menginfeksi anggota tubuh lainnya. Tuberkulosis dibedakan menjadi tuberkulosis paru dan tuberkulosis ekstra paru, berdasarkan pada organ tubuh yang terinfeksi. Tuberkulosis yang menyerang bagian paru - paru disebut Pulmonary Tuberculosis sedangkan tuberkulosis ekstra paru dibedakan lagi berdasarkan organ yang terinfeksi diantaranya tuberkulosis dapat menyerang organ tubuh lain seperti otak, kalenjar getah bening, paru-paru bagian luar, kulit, tulang, dan saluran urogenital / saluran kemih. Seorang ahli sangat diperlukan untuk dapat melakukan diagnosa serta menetukan jenis penyakit tuberkulosis dengan demikian agar dapat menanggulangi dan juga mengurangi penularannya kepada masyarakat secara luas. Dengan dilakukan penelitian tentang penyakit tuberkulosis ini dengan menggunakan metode forward chaining dan algoritma naive bayes diharap dapat dipergunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Agar dapat lebih mudah untuk mengetahui penyakit yang sedang diderita pasien secara dini.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:31
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:31
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19622

    Actions (login required)

    View Item