UDiNus Repository

PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGKLASIFIKASI PENERIMA DAN BUKAN PENERIMA BANTUAN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT DESA SROBYONG MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER

KHABIB, ARIFANI (2016) PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGKLASIFIKASI PENERIMA DAN BUKAN PENERIMA BANTUAN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT DESA SROBYONG MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3809b) | Preview

    Abstract

    Desa Srobyong, Kecamatan Mlonggo belum memiliki sistem penentuan calon penerima Jamkesmas sehingga penerima Jamkesmas belum tepat sasaran. Pada penelitian ini, penulis mencoba menerapkan suatu sistem pendukung keputusan penentuan peserta penerima bantuan Jamkesmas. Untuk menganalisis peserta penerima bantuan jamkesmas maka digunakan data mining dengan teknik klasifikasi yang apabila sudah diketahui bisa mengurangi ketidaksinkronan data antara penerima dan bukan penerima bantuan jamkesmas. Metode yang digunakan yaitu naive bayes classifier, dan desain penelitian dengan menggunakan CRISP-DM. Data penelitian adalah data pengajuan jamkesmas Desa Srobyong Kecamatan Mlonggo Kota Jepara tahun 2013 yang dievaluasi menggunakan confusion matrix dan divalidasi dengan teknik split validation. Hasil akurasi tertinggi didapatkan setelah data penelitian dikonversi yaitu 93,33%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:31
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:31
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19674

    Actions (login required)

    View Item