UDiNus Repository

IMPLEMENTASI ALGORITMA DIFFIE-HELLMAN, CAESAR CIPHER DAN AES UNTUK PENGAMANAN PESAN SMS PADA TELEPON SELULER BERBASIS ANDROID

REZA, SETYAWAN AKBAR (2016) IMPLEMENTASI ALGORITMA DIFFIE-HELLMAN, CAESAR CIPHER DAN AES UNTUK PENGAMANAN PESAN SMS PADA TELEPON SELULER BERBASIS ANDROID. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penyadapan informasi sering kali terjadi karena lemahnya pengamanan sarana pertukaran informasi. SMS (Short Message Service) adalah salah satu pertukaran informasi yang paling banyak digunakan saat ini karena dengan SMS kita dapat melakukan komunikasi jarak dekat maupun jauh dengan mudah dan cepat. Pesan yang dikirim melalui SMS pada telepon seluler dapat berupa informasi yang bersifat rahasia dan tidak boleh diketahui umum, tetapi dengan majunya teknologi saat ini maka informasi yang seharusnya bersifat rahasia dengan mudah disadap oleh pihak lain. Untuk mengurangi lemahnya keamanan pada layanan SMS diperlukan suatu algoritma kriptografi pada sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengamankan pesan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan gabungan antara Algoritma pertukaran kunci Diffie-Hellman, Algoritma Caesar Cipher dan Algoritma Advanced Encryption Standard untuk melakukan enkripsi terhadap pesan yang akan dikirimkan. Berdasarkan pengujian sistem dapat dilihat bahwa sistem dapat berjalan dengan baik dan dapat diimplementasikan untuk enkripsi SMS pada telepon seluler berbasis android. Dalam penelitian ini, pengujian pertukaran kunci pada aplikasi yang dibuat tidak dapat berjalan dengan baik karena tipe data yang digunakan adalah double yang hanya bisa menyimpan 15 digit angka dan panjang pesan menjadi bertambah panjang setelah di enkripsi dengan metode yang diusulkan.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:31
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:31
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19675

    Actions (login required)

    View Item