UDiNus Repository

PENERAPAN ALGORITMA JARINGAN SYARAF TIRUAN UNTUK MEMPREDIKSI JANGKA WAKTU PENGIRIMAN BARANG PADA PT POS INDONESIA (SEMARANG) DENGAN METODE BACKPROPAGATION

MUHAMMAD, REZA (2016) PENERAPAN ALGORITMA JARINGAN SYARAF TIRUAN UNTUK MEMPREDIKSI JANGKA WAKTU PENGIRIMAN BARANG PADA PT POS INDONESIA (SEMARANG) DENGAN METODE BACKPROPAGATION. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3702b) | Preview

    Abstract

    Prediksi jangka waktu pengiriman dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh tolak ukur waktu pada saat terjadi proses pengiriman sehingga dapat dimanfaatkan sebagai acuan dalam kontrol manajemen pengiriman. Dengan adanya kontrol maka data yang kita olah dapat digunakan sebagai penentu prediksi. Pengiriman di kantor Pos masihlah kurang efektif dan cenderung menggunakan prakiraan konvensional. Maka untuk membantu membuat sistem prediksi diperlukan adanya akurasi prediksi yang tinggi. Pada penelitian ini ditetapkan pendekatan komputasi cerdas yaitu Jaringan Syaraf Tiruan yang dioptimasi menggunakan algoritma Backpropagation untuk memprediksi data time series. Sehingga dapat meminimalkan Root Mean Square Error (RMSE). Dengan nilai yang dihasilkan sebesar 2,1111 % nilai error. Optimasi dengan menggunakan algoritma Backpropagation terbukti sangat akurat dalam kasus pengiriman ini.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:37
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:37
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19718

    Actions (login required)

    View Item