UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK SELEKSI CALON PENERIMAAN BEASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING (STUDI KASUS SMA NEGERI 2 PEMALANG)

AZRA, DEWI KOMARA (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK SELEKSI CALON PENERIMAAN BEASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING (STUDI KASUS SMA NEGERI 2 PEMALANG). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Beasiswa adalah bantuan keuangan dari sekolah yang digunakan demi kelangsungan pendidikan dan diberikan kepada siswa yang memiliki kesulitan ekonomi dalam membiayai pendidikan. Sumber beasiswa dapat diberikan oleh pemerintah.Sesuai peraturan yang sudah ditetapkan oleh sekolah untuk memperoleh beasiswa, maka ditentukan kriteria yang digunakan untuk proses seleksi calon penerimaan beasiswa. Kriteria yang ditentukan antara lain pendapatan orang tua, prestasi siswa, keikutsertaan pada beasiswa lain, keikutsertaan organisasi sekolah dan extrakurikuler , jumlah tanggungan orang tua. Beasiswa diberikan oleh pihak sekolah untuk siswa yang kurang mampu dan siswa berprestasi selama menempuh pendidikan di sekolah tersebut. Untuk membantu proses seleksi dan menetapkan siswa yang menerima beasiswa maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan. Salah satu metode yang dapat digunakan pada sistem tersebut adalah metode profile matching.Profile matching merupakan suatu proses yang sangat penting dalam pemilihan penerima beasiswa dimana terlebih dahulu ditentukan kompetensi (kemampuan) yang diperlukan oleh setiap jenis beasiswa.Kompetensi/kemampuan tersebut haruslah dapat dipenuhi oleh siswa yang akan menerima beasiswa. Dalam proses profile matching secara garis besar merupakan proses membandingkan antara kompetensi siswa ke dalam kompetensi jenis beasiswa sehingga dapat diketahui perbedaan kompetensinya (disebut juga gap), semakin kecil gap yang dihasilkan maka bobot nilainya semakin besar yang berarti memiliki peluang lebih besar untuk siswa mendapatkan beasiswa.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:37
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:37
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19724

    Actions (login required)

    View Item