UDiNus Repository

SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI KELURAHAN KEDUNGJARAN KABUPATEN PEKALONGAN BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN QR CODE DAN WATERMARKING

EGGIE, CAHYANINGTYAS ADDENDA (2016) SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI KELURAHAN KEDUNGJARAN KABUPATEN PEKALONGAN BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN QR CODE DAN WATERMARKING. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4016b) | Preview

    Abstract

    Pelayanan administrasi kelurahan merupakan kegiatan melayani penduduk dalam pembuatan administrasi kelurahan seperti surat kelurahan yang dibutuhkan untuk kepentingan penduduk. Melalui pelayanan administrasi, penduduk dapat melakukan permohonan administrasi yang sedang dibutuhkan. Untuk memudahkan warga perantauan supaya tetap bisa melakukan pelayanan administrasi, maka sistem pelayanan administrasi dibuat secara online dengan berbasis web. Dalam tugas akhir ini sistem pelayanan administrasi dilengkapi dengan QR Code dan Watermarking yang digunakan untuk melindungi pemalsuan surat yang dibuat. Watermarking yang digunakan pada tugas akhir ini adalah visible watermarking karena dapat meminimalisir tindakan croping surat. Serta ditambahkannya Qr Code yaitu untuk mengetahui identitas asli pembuat surat. Penelitian tugas akhir ini menggunakan data penduduk yang diambil di kantor kelurahan kedungjaran kabupaten Pekalongan sebanyak 2507 warga dan 40% dari jumlah total warga merupakan warga yang merantau ke luar kota. Hasil perhitungan page load time rata-rata waktu eksekusi yang diperlukan dari lima pengguna adalah 2690,4 ms atau 26904 detik, waktu eksekusi ini relatif singkat untuk proses pembuatan surat didalam sistem. Dengan waktu yang singkat dalam proses eksekusi pembuatan surat maka dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah layak untuk digunakan.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:37
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:37
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19731

    Actions (login required)

    View Item