UDiNus Repository

ANALISIS PERBANDINGAN ALGORITMA ID3 DAN C4.5 UNTUK KLASIFIKASI PENERIMA HIBAH PEMASANGAN SAMBUNGAN AIR MINUM PADA PDAM KABUPATEN KENDAL

DANA, AGUSTINA MELINA (2016) ANALISIS PERBANDINGAN ALGORITMA ID3 DAN C4.5 UNTUK KLASIFIKASI PENERIMA HIBAH PEMASANGAN SAMBUNGAN AIR MINUM PADA PDAM KABUPATEN KENDAL. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3612b) | Preview

    Abstract

    Program hibah air minum bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan air minum yang diprioritaskan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dalam rangka meningkatkan derajat kualitas kesehatan masyarakat. Pengklasifikasian data masyarakat berperan untuk menentukan pemberian sambungan air minum secara objektif dan akurat. Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan metode data mining yaitu algoritma ID3 dan C4.5 yang diterapkan pada data masyarakat berpenghasilan rendah pada PDAM Kabupaten Kendal dengan menggunakan RapidMiner. Hasil pengujian yang menunjukkan bahwa algoritma ID3 nilai akurasi sebesar 98,91%. Sedangkan pada algoritma C4.5 nilai accuracy sebesar 99,14%. Jadi algoritma C4.5 memiliki tingkat akurasi yang lebih besar dari pada algoritma ID3. Sehingga pada kasus penerima hibah pemasangan sambungan air minum diterapkan pada framework php dapat menentukan penerima hibah pemasangan sambungan air minum dengan menggunakan acuan pada algoritma C4.5 yang memiliki akurasi yang lebih baik.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:37
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:37
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19732

    Actions (login required)

    View Item