UDiNus Repository

PERANAN PENULIS NASKAH DALAM FILM DOKUMENTER TELISIK BUSTAMAN

MOCHAMAD, SAPUTRA MAKFUT (2016) PERANAN PENULIS NASKAH DALAM FILM DOKUMENTER TELISIK BUSTAMAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Hubungan kekerabatan adalah salah satu prinsip mendasar untuk mengelompokkan tiap orang ke dalam kelompok sosial, peran, kategori, dan silsilah. Hubungan kekerabatan dapat dihadirkan secara nyata seperti ibu, saudara, kakek atau secara abstrak menurut tingkatan kekerabatan. Dalam pembuatan film dokumenter “Telisik Bustaman” ini mempunyai tujuan memberikan unsur edukasi terhadap masyarakat Kota Semarang, agar masyarakat Kota Semarang dapat terus menjalin hubungan kekerabatan antar warga ditengah maraknya perkampungan bersejarah di Kota Semarang yang pelan-pelan mulai hilang akibat banyaknya gedung-gedung pencakar langit. Hingga saat ini kampung Bustaman merupakan salah satu kampung yang mempertahankan eksistensi sebuah kampung dan masih terus menjaga hubungan kekerabatan yang terjalin didalamnya. Film dokumenter “Telisik Bustaman” ini memiliki bentuk dokumenter berdasarkan stock shot karena pembuatan film ini sudah direncanakan sebelumnya dan pengambilan gambar berdasarkan treatment yang sudah dibuat oleh penulis. Selain itu penulis menitiberatkan pada kekuatan gambar dan narasi, sehingga penonton akan semakin jelas dengan adanya gambar yang bercerita serta ditambah dengan narasi sebagai pelengkap informasi. Hasil dari film dokumenter ini diharapkan mampu memberikan informasi tambahan bagi pemangku kepentingan yang tertarik menelisik hubungan kekerabatan yang ada di suatu perkampungan dan masih belum dikenal oleh masyarakat di Kota Semarang

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Penyiaran
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:38
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:38
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19766

    Actions (login required)

    View Item