UDiNus Repository

TEKNIK PENYEMBUNYIAN DOKUMEN TERENKRIPSI DENGAN METODE KRIPTOGRAFI HILL CIPHER DAN STEGANOGRAFI MENGGUNAKAN END OF FILE KE DALAM GAMBAR

SOFANG, ARIFAH (2016) TEKNIK PENYEMBUNYIAN DOKUMEN TERENKRIPSI DENGAN METODE KRIPTOGRAFI HILL CIPHER DAN STEGANOGRAFI MENGGUNAKAN END OF FILE KE DALAM GAMBAR. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Keamanan dan kerahasiaan dokumen merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam sistem informasi. Perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat juga memberikan tantangan terhadap masalah keamanan data, informasi, dan media penyimpanannya. Jatuhnya informasi ke tangan pihak lain dapat menimbulkan kerugian bagi pemilik informasi. Seperti kasus kebocoran soal ujian nasional di internet yang di unggah pada akun google drive dan bisa diakses oleh semua orang pada tahun 2015. Mengacu pada permasalahan tersebut, muncul suatu gagasan yaitu untuk membuat suatu sistem keamanan yang dapat melindungi file dokumen khusunya yang berektensi Ms. Word dengan algoritma kriptografi Hill Cipher dan kemudian file enkripsi tersebut disisipkan ke dalam gambar berformat PNG dengan menggunakan metode steganografi End of File (EOF) sehingga akan dihasilkan stego image. Hasil percobaan yang telah dilakukan bahwa kualitas gambar yang sudah disisipkan pesan hasil enkripsi tidak mengalami perubahan secara kasat mata karena metode steganografi end of file yang digunakan tidak akan mengubah kualitas citra. Hal ini ditunjukkan dengan rata – rata nilai PSNR sebesar 67,51392 dB. Untuk tingkat kesamaan dokumen dapat menghasilkan rata–rata sebesar 87,6 %, itu artinya dokumen yang dihasilkan memiliki nilai kemiripan yang tinggi dan dapat dibaca dengan baik.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:38
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:38
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19798

    Actions (login required)

    View Item