UDiNus Repository

Pengamanan Citra Digital Rekam Medis dengan Implementasi Kriptografi dan Steganografi Menggunakan Algoritma Arnold Cat Map( ACM) dan Metode End of File(EoF)

REZA, KHASANAH ZAHROTUL (2016) Pengamanan Citra Digital Rekam Medis dengan Implementasi Kriptografi dan Steganografi Menggunakan Algoritma Arnold Cat Map( ACM) dan Metode End of File(EoF). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Perpindahan pasien memerlukan pertukaran informasi data rekam medis antar rumah sakit . Mengingat Indonesia adalah Negara kepulauan, pengiriman data rekam medis fisik sulit dilakukan, sehingga perlu diubah ke dalam bentuk digital. Pengiriman data melalui internet rentan terhadap kejahatan dunia maya, sehingga diperlukan pengamanan dan salah satu caranya dengan menggunakan kriptografi ACM dan steganografi EOF. Konsep dari algoritma ACM adalah dengan merotasi citra sehingga menghasilkan citra acak. Namun, setelah mencapai iterasi sebanyak T, maka hasil iterasi dapat kembali ke bentuk semula. Dengan hasil enkripsi berupa gambar acak, maka akan menimbulkan rasa penasaran orang lain. Oleh karena itu, diperlukan tambahan EOF, yaitu menyisipkan pesan dengan cara menambahkannya langsung di bagian akhir file, sehingga tidak akan mengubah kualitas dari data awal. Untuk menguji hasil penelitian, dilakukan 2 jenis pengujian yaitu attack dan non-attack. Pengujian non-attack menghasilkan nilai yang sangat baik yaitu MSE=0, dan PSNR=inf. Pengujian attack dilakukan dengan menambah noise ‘salt & pepper’ menghasilkan nilai rata-rata MSE = 17, PSNR = 35 dan file chiper image tidak dapat kembali menjadi plain image saat dekripsi ACM.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:38
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:38
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19835

    Actions (login required)

    View Item