UDiNus Repository

ANALISIS TATA KELOLA SISTEM BURSA KERJA ONLINE MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 PADA DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN PROVINSI JAWA TENGAH

MELLA, HERMANINGRUM SABELLA (2016) ANALISIS TATA KELOLA SISTEM BURSA KERJA ONLINE MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 PADA DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN PROVINSI JAWA TENGAH. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3999b) | Preview

    Abstract

    Bursa Kerja Online Jateng merupakan fasilitas mencari pekerjaan yang disediakan oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi saat ini. Untuk meningkatkan kinerja Bursa Kerja Online, maka perlu dilakukan analisis proses pengawasan, evaluasi dan penilaian kinerja (MEA01). Permasalahan yang ada pada Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah dalam pelaksanaan pengawasan dan evaluasi masih terdapat kekurangan seperti tidak adanya Standar Operating Procedure (SOP), kurangnya pengawasan terhadap sistem bursa kerja online serta proses tata kelola TI yang belum menyeluruh. Dari hasil wawancara, observasi dan kuesioner dengan menggunakan kerangka kerja COBIT 5, menghasilkan tingkat kapabilitas proses pengawasan, evaluasi dan penilaian kinerja saat ini yang telah tercapai dengan baik yaitu dengan nilai sebesar 3,77 atau setara dengan 77,8%. Berdasarkan hasil pencapaian yang ada, dapat diketahui bahwa tingkat kapabilitas yang akan dicapai adalah level 4 (predictable). Untuk mencapai level 4, maka dapat dilakukan strategi perbaikan mulai dari proses atribut 3 sampai dengan proses atribut 4 secara bertahap.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:39
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:39
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19840

    Actions (login required)

    View Item