UDiNus Repository

Analisis Kepuasaan Pelanggan Bank Danamon Kantor Cabang Utama Semarang Terhadap Nasabah Menggunakan Algoritma C4.5

FANDI, WIRATAMA RAMADHAN (2016) Analisis Kepuasaan Pelanggan Bank Danamon Kantor Cabang Utama Semarang Terhadap Nasabah Menggunakan Algoritma C4.5. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3766b) | Preview

    Abstract

    Perbankan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan bank, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan yang diberikan oleh Bank Danamon Kantor Cabang Utama Semarang dan mengetahui tingkat akurasi untuk prediksi kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode algoritma C4.5. Atribut yang digunakan dalam metode ini yaitu pelayanan,fasilitas,dan mobile banking. Pada penelitian ini dibuat suatu aplikasi yang mengimplementasikan pohon keputusan dengan algoritma C4.5. Dalam penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari 150 responden yang telah diujikan menggunakan kuesioner. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa tingkat akurasi pada pengujian 1 dengan prentase data 60% : 40% yaitu sebesar 78%. Selanjutnya hasil yang diperoleh dalam pengujian ke-2 menunjukkan bahwa tingkat akurasi pada pengujian ke-2 dengan prentase data 80% : 20% yaitu sebesar 83%. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukan bahwa nilai akurasi pada pengujian ke-2 dapat di katakan baik karena memiliki nilai akurasi lebih tinggi di bandingkan pengujian 1.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:39
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:39
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19843

    Actions (login required)

    View Item