ZAHERIN, MZ (2016) Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Isyarat Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Isyarat Untuk Anak Berkebutuhan Khusus merupakan salah satu model sistem komunikasi isyarat untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) yang dalam pengembangannya mengadopsi konsep bahasa isyarat tubuh yang telah digunakan di inggris dan kemudian dirubah sesuai dengan budaya dan karakteristik ABK di Indonesia dan dalam penyelesaiannya melalui kerjasama yang sinergis. BPMTP (Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan) merupakan Intansi yang bergerak dalam bidang media televisi edukasi dibawah naungan Diknas yang berada di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, pendidikan dan kebudayaan yang ada di Indonesia tentunya harus memiliki sistem pendidikan yang efektif dan efisien, tepat dan tidak membosankan, agar mempermudahkan dalam pembelajaran misalkan pendidikan melalui media. Sekolah yang begitu banyak di Indonesia dari tingkatannya baik SD/RA, SMP/MTS, SMA, maupun SMK. Metode yang digunakan dalam aplikasi ini untuk menyuguhkan media pembelajaran yang tidak membosankan dan asik untuk dipelajari bagi siswa terutama para ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) dan bisa juga dipelajari oleh siswa pada umumnya, Dan aplikasi ini juga berisikan video bahasa gerak tubuh yang sudah di rekam sebelumnya serta di kemas kedalam sebuah aplikasi sehingga menghasilkan sebuah aplikasi edukasi yang menarik bagi dunia pendidikan pada jaman yang serba tehnologi saat ini. Dengan adanya aplikasi ini, tentunya akan sangat mempermudah pembelajaran di sekolah terutama SLB (Sekolah Luar Biasa) dalam berkomunikasi baik antar Siswa maupun antara Pengajar dengan Siswa ABK, sehingga bisa meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Indonesia.
Actions (login required)