UDiNus Repository

IMPLEMENTASI SISTEM REKOMENDASI PEMILIHAN BUDIDAYA HEWAN TERNAK WILAYAH KABUPATEN SEMARANG PADA PERANGKAT ANDROID MENGGUNAKAN METODE AHP-TOPSIS

DWI, OKTOVIANDY INDRA (2016) IMPLEMENTASI SISTEM REKOMENDASI PEMILIHAN BUDIDAYA HEWAN TERNAK WILAYAH KABUPATEN SEMARANG PADA PERANGKAT ANDROID MENGGUNAKAN METODE AHP-TOPSIS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Peternakan adalah aspek utama dalam kehidupan manusia. Peternakan dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan makanan manusia. Namun seiring berkembangnya zaman, peternakan semakin banyak berkurang, ketidaksesuaian hewan dengan lingkungannya adalah salah satu penyebab utama banyaknya peternakan yang gulung tikar. Banyak peternak yang tidak mempertimbangkan kesesuaian hewan ternak dengan lingkungan yang dimilikinya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan sebuah sistem rekomendasi yang mampu memberikan rekomendasi hewan yang sesuai dengan lingkungan peternakan yang akan digunakan. Melalui penelitian kali ini, penulis akan membuat sistem rekomendasi pemlihan budidaya hewan ternak di wilayah kabupaten Semarang sehingga nantinya dapat dijadikan acuan bagi calon peternak di kabupaten Semarang. Algoritma yang digunakan menggunakan pendekatan Multi Atribute Decision Making dengan algoritma gabungan AHP-TOPSIS. Algoritma akan menghitung kesesuaian alternatif hewan dengan lingkungannya dan mempertimbangkan berbagai kriteria penilaian. Dari hasil pengujian aplikasi, dengan 3 rekomendasi terbaik menghasilkan akurasi sistem 87,72% dengan waktu eksekusi 3157 ms atau 3,157 detik. Hasil rekomendasi menunjukkan bahwa hewan yang banyak terdapat dalam suatu daerah tidak menjamin akan direkomendasikan, hal ini karena sistem menggunakan banyak kriteria penilaian.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:39
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:39
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19851

    Actions (login required)

    View Item