UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN PINJAMAN KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIERARCY PROCESS PADA KOPERASI KARYAWAN APACINTI PELITA SEJAHTERA BAWEN KABUPATEN SEMARANG

FRISMA, ANGGRAINI PUTERI (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN PINJAMAN KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIERARCY PROCESS PADA KOPERASI KARYAWAN APACINTI PELITA SEJAHTERA BAWEN KABUPATEN SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3995b) | Preview

    Abstract

    Sistem informasi yang baik sangat berguna untuk mendukung dan memudahkan memperoleh informasi yang efektif dan efisien. Di dalam koperasi simpan pinjam, banyak faktor yang harus dipertimbangkan ketika akan mengambil suatu keputusan dalam memberikan pinjaman kepada calon anggota. Dari faktor – faktor tersebut yang nantinya akan dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan suatu keputusan agar mengurangi resiko kerugian kepada koperasi. Sistem Pendukung Keputusan ( Decisious Support System / DSS ) berbasis komputer ini diharapkan dapat membantu untuk menyeleksi pinjaman yang akan diajukan oleh calon anggota, apakah calon anggota tersebut layak atau tidak untuk menerima pinjaman. Metode yang digunakan adalah Metode Analytical Hierarcy Process ( AHP ). AHP merupakan suatu metode pengambilan keputusan terhadap masalah penentuan prioritas pilihan dari berbagai alternatif. Kriteria yang dipakai untuk menentukan Sistem Pendukung Keputusan yaitu 5c antara lain character, capacity, capital, collateral, dan condition of economy. Hasil dari analisis AHP diperoleh kesimpulan bahwa bobot tiap kriteria, yaitu character 4%, capacity 29%, capital 10%, collateral 29%, dan condition of economy 27%.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:39
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:39
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19869

    Actions (login required)

    View Item