RONALD, SUTAWIBAWA ANDHIKA (2016) Perancangan Visual Brand untuk Cafe The Cactus di Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Cafe adalah usaha yang bergerak secara komersial di bidang makanan yang menawarkan makanan berat atau makanan kecil pada tamunya dengan pelayanan dalam suasana tidak formal dan tidak disertai dengan peraturan dan pelayanan yang baku. Seiring berkembannya jaman semakin banyak pula usaha ini menjamur di Indonesia, khususnya Semarang dapat terlihat dengan banyaknya usaha cafe yang buka di kota Semarang, oleh karena itu identitas suatu usaha sangat dibutuhkan karena usaha ini semakin banyak berkembang di tengah-tengah masyarakat. Yang menjadi masalah disini adalah Cafe The Cactus belum memiliki identitas karena merupakan cafe baru, oleh karena itu cafe ini membutuhkan identitas supaya lebih mudah dikenal oleh masyarakat. Visual brand akan memudahkan pembentukan identitas suatu usaha, dengan memanfaatkan keperluan operasional usaha dan memberikan sentuhan keindahan dari benda-benda tersebut, yang tentunya sesuai dengan ciri khas The Cactus yaitu chic dan ceria namun tetap modern. Gaya yang ditampilkan Cafe The Cactus adalah dengan menggunakan warna tosca pada logo sebagai identitas usaha karena warna ini mendekati warna hijau yang sesuai dengan warna kaktus itu sendiri. Dengan menggabungkan ilustrasi dan fotografi yang sesuai dengan ciri khas cafe dan ditata secara rapih akan semakin mendukung identitas dan memberikan citra positif. Pada perancangan ini kebutuhan operasional usaha seperti gelas, tatakan meja, buku menu dan lain lain akan diberikan sentuhan identitas Cafe The Cactus supaya lebih membekas di benak konsumen yang akan bermanfaat untuk kelangsungan usaha ini.
Actions (login required)